10 Cara Mengisi Liburan Sekolah Anak

liburan-anak

Ketika ujian kenaikan kelas telah usai, laporan hasil belajar selama satu semeter akan segera dibagikan, dan saat yang di tunggu pun akan tiba, yaitu liburan. Liburan sekolah merupakan saat yang membahagiakan bagi anak-anak sekolah setelah disibukan dengan rutinitas dan kegiatan belajar di sekolah.

Sudah terpikirkan kegiatan untuk mengisi liburan nanti? Apakah mengunjungi rumah kakek dan nenek? Menikmati wisata alam, atau hanya sekedar di rumah membantu pekerjaan orang tua sambil menikmati acara televisi yang biasanya dipenuhi dengan film anak-anak? Atau bermain game bersama teman-teman?

Tentu banyak sekali kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengisi saat liburan nanti. Ada beberapa kegiatan yang dapat diagendakan saat liburan tiba, apa sajakah?

1.   Berkunjung ke Rumah Saudara.

Liburan akan sangat menyenangkan saat kita bisa kembali bersilaturahmi dengan saudara dalam satu atau dua hari. Saling berkunjung akan menambah erat persaudaraan dan menyambung tali silaturahmi yang sempat terputus saat disibukan dengan aktifitas masing-masing. Ini kegiatan yang hampir selalu disampaikan dan diterapkan orang tua kepada anak-anaknya. Dan ini menjadi pengalaman yang akan disampaikan mereka setiap kali di minta untuk menceritakan pengalaman liburan sekolah mereka.

2.   Berwisata Alam.

Menikmati pemandangan alam di pantai atau pegunungan akan membuat pikiran kita menjadi lebih segar. Alam selalu memberikan keindahan bagi penikmatnya. Berwisata alam tidak harus di tempat yang mahal. Banyak wisata alam yang murah dan dapat dijadikan alternatif mengisi liburan. Misalnya pergi ke sawah untuk mengenalkan anak-anak tentang bagaimana para petani bercocok tanam. Kemudian mengenalkan hewan dan tumbuhan apa saja yang ada di sawah. Dan juga memberikan pengalaman  nyata pelajaran ekosistem.

3.   Bermain Sambil Belajar.

Bermain merupakan hal yang disukai anak-anak. Bermain permainan sains sederhana yang dapat dilakukan bersama-sama tanpa menyadari sebenarnya mereka telah belajar. Pengalaman nyata akan lebih berkesan dibandingkan dengan teori di kelas. Permainan sains sederhana sederhana yang dapat dilakukan diantaranya permainan tentang pesawat sederhana seperti tantangan mengangkat benda/batu yang berat dengan sebatang kayu, memasukan terlur rebus ke dalam sebuah botol dan mengeluarkan kembali, membuat roket air, belajar keseimbangan, dan permainan lainnya. Semua jenis permainan itu dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat sederhana yang dapat ditemukan di rumah dan tidak berbahaya.

4.   Berkebun.

Berkebun akan memberikan pengalaman tersendiri bagi anak-anak. Mendidik bagaimana mereka mencintai dan melestarikan alam. Ajak anak untuk menanam sebuah tanaman. Hal ini bisa dimulai dari biji kemudian meminta mereka untuk merawat dan menjaga tanaman tersebut sampai tumbuh dengan baik. Atau menunjukan pada mereka cara merawat tanaman supaya dapat tumbuh dengan maksimal. Hal ini akan memberikan pengalaman nyata tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Jika tidak punya lahan yang luas kita bisa memanfaatkan pot-pot sebagai tempat tanaman.

5.   Pergi ke Toko Buku atau Pameran Buku.

Buku merupakan gudang ilmu. Jika anak gemar membaca dan menyukai pengetahuan baru, pasti akan sangat menyenangkan jika mereka diajak ke toko buku atau pameran buku yang biasanya digelar saat liburan. Dampingi mereka untuk memilih buku yang bermanfaat dan membelinya untuk dibaca di rumah sebagai pengisi waktu liburan.

6.   Kunjungan ke Perpustakaan.

Jika tidak mempunyai anggaran yang cukup untuk membeli buku baru, ajaklah anak ke perpustakaan wilayah setempat yang menyediakan buku anak-anak dalam jumlah banyak dan bervariasi. Dampingi mereka untuk memilih buku yang disukai dan membaca bersama di perpustakaan. Kunjungan ke perpustakaan merupakan salah satu cara mendidik anak untuk gemar membaca.

7.   Kunjungan ke Panti  Asuhan.

Ajaklah anak untuk berbagi dengan saudara-saudara yang kurang beruntung di Panti Asuhan. Aktivitas ini selain menanamkan sikap berbagi juga mendidik anak untuk senantiasa bersyukur. Ditambah mereka akan mendapat teman-teman baru untuk bermain.

8.   Pergi ke Tempat Bersejarah dan Museum.

Museum terlihat sangat membosankan, padahal sebenarnya banyak ilmu yang dapat ditemukan anak-anak disana. Jika kesulitan dalam menjelaskan pada anak mengenai sejarah dan isi museum, kita bisa meminta bantuan seorang tour guide yang ada.

9.   Melakukan Outbond.

Melakukan aktifitas motorik sangat disukai oleh anak-anak, selain menguji ketangkasan dan kecedasan mereka, outbond juga bisa dijadikan ajang kompetisi sederhana dan membentuk jiwa kerja sama anak jika dilakukan dengan banyak teman. Namun demikian tetap harus dalam pengawasan orang tua dan pastikan fasilitas outbond aman bagi aktifitas anak.

10.   Liburan di Rumah.

Siapa bilang liburan di rumah membosankan? Ajaklah anak untuk bersama-sama merapihkan dan membersihkan rumah, misalnya menata kembali ruang kamar anak untuk memberikan suasana baru. Selain membuat rumah dan kamar menjadi bersih dan rapi, menata kamar sendiri juga mendidik anak untuk bertanggung jawab atas kerapihan dan kebersihan kamar pribadi. Membuat hasil karya di rumah, misalnya membuat keterampilan tangan bersama dan memajang hasilnya di rumah. Atau menonton koleksi album film anak-anak atau bermain playstation bersama.

Tentunya masih banyak lagi kegiatan liburan yang dapat dilakukan. Intinya adalah isi liburan dengan kegiatan yang asik dan menyenangkan bersama-sama dan dengan bimbingan orang tua. Selamat menikmati liburan yang menyenangkan sehingga kembali segar saat memulai aktifitas belajar di tahun baru.

Leave a Reply

Name *
Email *
Website