10-ide-refreshing-anak

10 Ide Refreshing Anak-Anak Yang Murah

10 Ide Refreshing Anak-Anak Yang Murah

Ayah dan Ibu, anak-anak yang sehat dan pandai adalah anak-anak yang memiliki kehidupan yang seimbang. Mereka memiliki rutinitas dan tantangan yang terkadang membuat mereka penat dan lelah. Untuk itu mereka membutuhkan refreshing untuk menyegarkan jiwa dan raganya.

Berikut ini 10 ide refreshing anak-anak yang murah. Idenya sederhana dengan tujuan yang sangat berguna yaitu: keseimbangan hidup, waktu yang berkualitas, dan keterlibatan seluruh anggota keluarga.

1.       Jalan kaki keliling komplek rumah

Jalan kaki keliling komplek rumah menjadi ide pertama yang saya tuliskan, karena ide ini sangat mudah untuk dikerjakan.

Jalan kaki keliling komplek rumah bisa dilakukan di pagi atau sore hari. Yang penting sinar matahari tidak terik dan udara sejuk, jadi suasanya enak untuk jalan kaki.

Jalan kaki ini tidak ditekankan untuk olah raga namun untuk refreshing, jadi dapat menggunakan pakaian sehari-hari dan berjalan dengan santai. Dengan berjalan santai kita memiliki kesempatan untuk ngobrol satu dengan yang lain sambil melihat lingkungan sekitar.

Melihat pohon, melihat burung, melihat langit biru dan merasakan sinar matahari yang hangat adalah apa yang kita dapatkan saat berjalan kaki. Bertegur sapa dengan tetangga, tersenyum dan tertawa bersama menjadi perasaan yang menyenangkan.

Ide jalan kaki keliling komplek rumah dapat juga dilakukan untuk jalan kaki di hari minggu pagi, dimana sekarang banyak tempat yang memberlakukan car free day.

 

2.       Naik sepeda keliling komplek rumah

Naik sepeda keliling komplek rumah juga kegiatan yang menyenangkan. Mengayuh sepeda dengan santai bersama angin yang berhembus menerpa wajah dan rambut Anda adalah pengalaman menyegarkan. Ditambah dengan bersepeda bersama anak-anak menjadi pengalaman yang lebih menarik lagi.

Seperti berjalan kaki, pilihlah waktu dimana matahari tidak terik dan udara sejuk. Hal ini akan membuat bersepeda menjadi menyenangkan.

Bersepedalah dengan santai dan berhentilah di mana kita ingin berhenti, dan lakukan sambil ngobrol dengan anak-anak menjadi pengalaman yang asyik.

Melihat pohon, melihat burung, melihat langit biru, bertegur sapa dengan tetangga, bercanda dan balapan dengan anak Anda menjadi hadiah tersendiri dari kegiatan bersepeda keliling komplek ini.

 

3.       Berenang di kamar mandi

Anak-anak senang main air. Jika memungkinkan ajaklah anak-anak untuk berenang di Sport Club dekat rumah, namun jika tidak Anda dapat melakukannya di rumah.

Usahakan berenang di kamar mandi dilakukan pada saat mandi sore dan Anda dan keluarga tidak sedang terburu-buru waktu.

Jika memiliki kolam renang model pompa dapat Anda gunakan, namun jika tidak gunakan saja ember yang ada, yang penting aman dan muat untuk anak-anak.

Temani anak-anak saat berenang di kamar mandi. Persiapkan diri Anda untuk basah dan ikutlah bermain, ngobrol, dan bercanda dengan anak-anak. Main siram air atau semprot air menjadi aktivitas spontan yang sungguh menyenangkan.

Batasi main air ini sekitar 15-30 menit, kemudian lanjutkan dengan mandi bersih dan dikeringkan dengan handuk untuk selanjutnya berpakaian.

 

4.       Menggambar bersama

Tidak perlu hobi atau pun bisa menggambar untuk melakukan kegiatan ini. Yang penting lakukan dengan santai dan senang.

Tentukan bersama anak apa yang kita akan gambar hari ini. Anak-anak memiliki banyak sekali tokoh film dan karakter games yang mereka sukai, mereka tidak akan kehabisan ide untuk ini.

Gunakan 2 kertas dan menggambarlah bersama-sama, Anda menggambar dan anak-anak juga menggambar. Wajib untuk Anda ikut menggambar, karena akan berbeda penekanan dan rasa kegiatannya jika hanya anak yang menggambar.

Warnai hasil gambar yang sudah jadi secara bebas dan imajinatif. Anda boleh memberi warna hijau untuk dinosaurus atau kucing berwarna orange.

Perlihatkan gambar masing-masing dan apresiasikan apa yang Anda suka dari gambar anak, demikian juga tanyakan apa yang anak sukai dari gambar Anda.

Ingat, ini adalah kegiatan bersenang-senang, jadi tidak perlu ada penilaian mengenai garis yang tidak lurus atau gambar dinosaurus yang seperti kucing.

 

5.       Main tebak gambar

Main tebak gambar juga sangat menyenangkan. Anda dapat mengkombinasikan dengan kegiatan menggambar bersama seperti tips diatas. Jadi masing-masing Anda dan anak menggambar sesuai tema yang ditetapkan, kemudian masing-masing menunjukan untuk ditebak, dan lakukan secara bergantian.

Main tebak gambar dapat dilakukan dengan sistem score, hal ini dapat mengajarkan anak kompetisi dan bagaimana untuk menghadapi situasi menang dan kalah.

Ajak anggota keluarga yang lain untuk menjadi juri, atau menjadi peserta tebak gambar. Makin banyak anggota keluarga yang terlibat maka main tebak gambar akan makin seru.

 

6.       Membaca cerita

Membaca cerita tidak harus dilakukan untuk mengantar anak-anak tidur di malam hari. Lakukanlah di minggu pagi yang santai, atau di sore hari sehabis mandi sepulang kantor.

Gunakan buku yang memiliki sedikit tulisan dan gambar yang besar. Jika tidak memiliki buku, Anda bisa download dan cetak cerita anak-anak dari Sikiddy.

Bacakan cerita kepada anak-anak dengan menarik. Gunakan suara yang berbeda untuk tokoh-tokoh yang berbeda akan membuat anak-anak menyimak tanpa berkedip.

Selipkan nilai-nilai moral di akhir cerita, dan tanyakan pendapat anak-anak mengenai cerita tersebut, dengarkan yang menjadi nilai-nilai anak. Hal ini akan membuat Anda lebih mengenal kepribadian anak dan bagaimana pola pikirnya.

Anda juga dapat meminta anak-anak untuk gantian bercerita. Hal ini akan mengajarkannya membaca dan kreatifitas. Membayangkannya saja pasti akan seru dan menyenangkan.

Dan ingat, selalu isi dengan suasana yang membangun dan mendukung anak-anak untuk berani mengekspresikan dirinya dengan bebas.

 

7.       Berkebun bersama

Aktifitas out door selalu menyenangkan, salah satunya adalah berkebun.

Jika Anda menyukai kegiatan menanam pohon, ajaklah anak untuk ikut kegiatan ini. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena akan dapat berkreasi, dengan menggali tanah, memindahkan tanah ke dalam pot.

Kendorkan anak-anak dari larangan akan kotor dan lain sebagainya, namun berikan kebebasan dengan mengawasi dan mengarahkan. Karena kegiatan ini sangat berguna untuk anak-anak berkreasi, mengenal mahluk hidup, dan merawat dan mencintai alam semesta.

Akan lebih menarik jika anak diberikan pot dengan bibit yang ditanam. Berikan pengertian untuk anak-anak merawatnya setiap hari dengan menyirami pada pagi dan sore hari. Hal ini memberi anak tugas dan tanggung jawab. Hadiahnya adalah saat pohon yang ditanam tumbuh dan menghasilkan rasa kagum dan pengertian kepada anak.

 

8.       Membuat kue bersama

Membuat kue bersama adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Anak-anak selalu bersemangat untuk ide kegiatan memasak, terutama karena mereka bisa mengeksplorasi bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, dan lain-lain.  Kemudian bagaimana bahan-bahan tersebut dimasukan menjadi satu dan diaduk dengan mixer.

Yang tidak kalah menarik adalah saat kue dimasak atau dipanggang. Awasi anak-anak dari kompor atau oven yang panas. Sebaiknya anak-anak tidak diberikan tugas yang mengandung bahaya. Tugas anak-anak dapat disesuaikan dengan usianya.

Lupakan untuk mendapatkan bentuk kue atau rasa kue yang sempurna. Nikmati kue atau masakan yang telah dibuat, itu adalah apresiasi yang luar biasa terhadap kegiatan membuat kue.

 

9.       Ngobrol bersama

Orang tua dan anak terkadang sibuk dengan kegiatannya. Seperti Ayah atau Ibu yang sibuk dengan smart phone nya, dan anak yang sibuk dengan games di tablet nya.

Ngobrol bersama disini adalah dimana setiap orang santai dan tidak melakukan apa pun selain dari pada bicara santai dan bercengkerama. Hal yang dapat dibicarakan seperti apa yang dilakukan anak di sekolah hari ini. Hal apa yang menarik yang anak lihat hari ini. Atau orang tua dapat bercerita tentang pengalaman menarik yang ditemuinya di kantor.

Karena bicara santai maka jangan berbicara hal-hal yang menilai anak. Atau jangan bicarakan hal-hal yang berat seperti apa yang harus anak lakukan dengan pelajaran A atau pelajaran B.

Lakukan saja kegiatan ngobrol ini dengan relaks dan tidak memiliki tujuan yang lain selain dari pada berbicara santai. Ngobrol seperti ini akan membangun jalinan diantara anak-anak dan orang tua menjadi lebih baik.

 

10.   Bermain bersama

Anak-anak selalu senang dengan bermain. Bermainlah dengan mereka dengan menggunakan mainan favorit mereka. Anda sebagai orang tua harus benar-benar bermain dan menikmati permainan untuk mendapatkan tujuan bermain bersama ini.

Bermain tidak harus dengan mainan yang ada. Anda dapat membuat permainan yang baru dari kertas dan alat tulis, atau dari barang-barang yang ada di dalam rumah. Tanyakan tentang ide permainan kepada anak-anak, dan mereka akan memberikan banyak ide permainan yang kadang diluar pikiran kita.

Dengan bermain bersama, anak-anak menyadari bahwa orang tuanya sungguh hadir untuk mereka saat itu. Bermain bersama anak sungguh menjadi pengalaman yang berkesan untuk anak-anak dan juga untuk orang tua jika mereka sungguh-sungguh ada disana secara utuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *