youtube-untuk-anak-anak

5 Cara Membuat Youtube Lebih Aman Untuk Anak-Anak

 

Anak-anak sangat suka menonton Youtube, dari menonton menggunakan smart phone, tab, komputer atau bahkan menggunakan smart tv.

Anak-anak suka menonton video yang lucu, mempelajari sesuatu, atau bahkan mengupload hasil karya mereka.  Anda dapat mengetahui video Youtube apa saja yang disukai anak-anak di artikel 6 Video Youtube yang Suka Ditonton Anak-Anak dan Bahayanya.

Tapi sebagaimana kita tahu tidak semua materi video yang ditemukan di Youtube sesuai untuk anak-anak. Ada kekerasan, seksualitas, kata-kata kasar, tindakan tidak sopan, dan banyak lagi lainnya.

Tugas kita sebagai orang tua dan pendidik adalah menghindari anak-anak dari konten video yang tidak sesuai untuk mereka. Berikut kami bagikan 5 cara membuat Youtube menjadi lebih aman untuk anak-anak.

Perhatian: tidak ada filter yang 100% menghindari anak-anak dari konten yang tidak sesuai. Peran dan perhatian orang tua dan pendidik sangat diperlukan saat anak-anak mengakses media internet.

 

1.          Buat Akun Youtube Keluarga

Akun Youtube adalah akun Google yang kita gunakan untuk login di Youtube. Akun Youtube Keluarga adalah akun yang digunakan oleh anak-anak saat menonton di Youtube. Akun ini digunakan juga oleh orang tua untuk memonitor video apa saja yang ditonton oleh anak-anak, dan interaksi apa saja yang dilakukan oleh mereka di media ini.

Dengan menggunakan Akun Youtube Keluarga, orang tua dapat mengetahui histori video apa saja yang ditonton oleh anak-anak, pencarian yang dilakukan oleh anak-anak, komentar yang diberikan oleh anak-anak dan video yang di-like oleh anak-anak.

 

Membuat Akun Youtube

Dari komputer

Untuk membuat akun Youtube dari website Youtube di bagian kanan atas klik tulisan “Login”, dan kita akan dibawa ke halaman “Sign In”.  Di halaman ini klik tulisan “More Options” dan pilih “Create account”, dan selanjutnya kita akan dibawa ke halaman untuk membuat Google Account. Lanjutkan proses membuat akun Google hingga selesai.

Dari Smart Phone Android

Untuk membuat akun Youtube dari aplikasi Youtube pilih gambar icon pengguna di bagian atas paling kanan, dan kita akan dibawa ke halaman “Account”. Kemudian di halaman ini pilih tombol “Sign In”, dan kita akan dibawa ke tampilan “Accounts”. Kemudian di tampilan ini pilih tanda plus “+”. Lanjutkan proses membuat akun Google hingga selesai.

 

Melihat Histori

Dari komputer

Login dengan akun Youtube untuk dapat melihat histori. “Histori” (untuk Youtube setelan Bahasa Indonesia) atau “History” (untuk Youtube setelan bahasa English) terdapat disebelah kiri layar di bagian “Koleksi” (untuk Youtube setelan Bahasa Indonesia) atau “Library” (untuk Youtube setelan bahasa English).

melihat-youtube-history

Di Histori Anda dapat melihat jenis histori:

  • Histori tontonan, adalah histori untuk video-video yang telah ditonton
  • Histori pencarian, adalah histori untuk pencarian yang telah dilakukan
  • Komentar, adalah histori untuk komentar-komentar yang pernah dibuat
  • Komunitas, adalah histori interaksi di komunitas

Dari Smart Phone Android

Login dengan akun Youtube untuk dapat melihat histori. Kemudian di bagian bawah aplikasi Youtube pilih “Library” kemudian pilih “History”. Di sini Anda dapat histori dari video-video yang telah ditonton.

melihat-youtube-history-handphone

 

Anda dapat menghapus seluruh atau sebagian dari histori-histori tersebut.

 

Melihat Video yang Di-like

Dari komputer

Login dengan akun Youtube untuk dapat melihat video yang disukai. “Video yang disukai” (untuk Youtube setelan Bahasa Indonesia) atau “Liked Video” (untuk Youtube setelan bahasa English) terdapat disebelah kiri layar di bagian “Koleksi” (untuk Youtube setelan Bahasa Indonesia) atau “Library” (untuk Youtube setelan bahasa English). Di sini Anda dapat melihat video-video yang telah di-like.

melihat-youtube-video-liked

 

Dari Smart Phone Android

Login dengan akun Youtube untuk dapat melihat video yang disukai. Kemudian di bagian bawah aplikasi Youtube pilih “Library”, kemudian pilih “Liked Video”. Di sini Anda dapat histori dari video-video yang telah di-like.

melihat-youtube-video-liked-handphone

 

Melihat Saluran yang Di-subscribe

Dari komputer

Login dengan akun Youtube untuk dapat melihat saluran yang di-subscribe. Saluran yang di-subscribe terdapat di bagian sebelah kiri layar di bagian “Subscription”

melihat-youtube-channel-subscribe

 

Dari Smart Phone Android

Login dengan akun Youtube untuk dapat melihat saluran yang di-subscribe. Kemudian di bagian bawah aplikasi Youtube pilih “Subscription”. Di sini Anda dapat saluran-saluran yang di-subscribe.

melihat-youtube-channel-subscribe-handphone

 

2.          Aktifkan Mode Terbatas

Mode Terbatas adalah setelan opsional yang bisa digunakan untuk membantu menyaring konten yang berpotensi berisi materi tidak pantas, yang tidak diinginkan oleh Anda atau keluarga Anda.

Youtube menggunakan beragam sinyal, seperti judul video, deskripsi, metadata, ulasan Pedoman Komunitas, dan pembatasan usia, untuk mengidentifikasi serta menyaring konten yang berpotensi berisi materi tidak pantas. Mode Terbatas tersedia dalam semua bahasa. Namun karena ada perbedaan dalam norma dan sensitivitas budaya, kualitas penyaringannya dapat bervariasi.

Jika mode terbatas diaktifkan, Anda tidak dapat melihat komentar pada video yang sedang ditonton.

Mengaktifkan Mode Terbatas

Dari komputer

Login dengan akun Youtube. Kemudian klik di bagian atas sebelah kanan di gambar icon pengguna. Kemudian klik pada “Mode Terbatas” (untuk Youtube setelan Bahasa Indonesia) atau “Restricted Mode” (untuk Youtube setelan bahasa English).

Pada bagian “Mode Terbatas” / “Restricted Mode” pilih aktif untuk mengaktifkan opsional ini.

 

Dari Smart Phone Android

Login dengan akun Youtube. Kemudian pilih di bagian atas sebelah kanan di gambar icon pengguna, kemudian pilih “Settings”, kemudian pilih “General”. Pada bagian “Restricted Mode” pilih aktif untuk mengaktifkan opsional ini.

melihat-youtube-restricted-mode-handphone

 

3.          Subscribe Ke Saluran Youtube Yang Baik

Dengan subscribe ke sebuah saluran Youtube yang baik menghindari anak-anak untuk mencari dan menemukan konten yang tidak sesuai untuk mereka.

Dengan subscribe ke sebuah saluran Youtube yang baik, kita dapat mengetahui video-video yang dapat anak-anak tonton, dan kita akan diberitahu jika ada video yang baru di saluran tersebut.

Subscribe Ke Sebuah Saluran Youtube

Dari komputer / Smart Phone Android

Buka sebuah saluran Youtube yang berisi video untuk anak-anak, kemudian pada klik pada tulisan “Subscribe”, maka Anda sudah berlangganan saluran Youtube tersebut.

melihat-youtube-good-channel-for-subscribe

 

4.          Upload Video dengan Opsional Pribadi

Jika anak-anak Anda suka mengupload video ke Youtube maka upload dengan opsional pribadi atau tidak publik adalah pilihan yang patut diperhatikan.

Opsional “Tidak publik” maka video hanya dapat ditonton oleh orang-orang yang Anda kirimkan alamat link video tersebut.

Opsional “Pribadi” maka video hanya dapat ditonton oleh orang-orang yang Anda pilih untuk dapat melihat video tersebut.

Upload Video Dengan Opsional Pribadi / Tidak Publik

Dari komputer

Login dengan akun Youtube. Kemudian klik di bagian atas sebelah kanan di gambar pertama dari kiri icon upload. Kemudian di halaman Upload klik pilihan Privasi. Disini Anda dapat memilih opsional Pribadi atau Tidak Publik.

 

5.          Nonaktifkan Komentar

Komentar di video yang Anda upload dapat berisi kata-kata kasar yang tidak pantas. Anda dapat menonatifkan komentar atau menampilkan komentar melalui proses persetujuan. Hal ini akan mengendalikan dari munculnya komentar-komentar yang tidak pantas di video Anda.

Menonaktifkan Komentar

Dari komputer

Login dengan akun Youtube. Kemudian klik di bagian atas sebelah kanan di gambar icon pengguna, pilih “Creator Studio”. Di bagian layar sebelah kanan pilih “Komunitas”, kemudian pilih “Setelan Komunitas”. Di bagian “Setelan default” pilih opsional “Tahan semua komentar untuk ditinjau” untuk setelan “Komentar pada video baru Anda” dan “Berkomentar di channel Anda”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *